Bimbingan Teknis Peningkatan Layanan Administrasi Kependudukan Di Kalurahan

Senin (20/05/2024) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul melaksanakan bimtek peningkatan pelayanan administrasi kependudukan terintegrasi dengan  kalurahan. Acara yang dilaksanakan di Pemancingan dan Resto Gendal Gendul Jl. Parangtritis, Patalan, Jetis, Bantul diikuti oleh 75 Petugas Register Kalurahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM yang menangani pelayanan adminduk di kalurahan sehingga layanan adminduk bagi Masyarakat semakin meningkat.

 

Kepala Dinas Dukcapil Bantul Kwintarto Heru Prabowo dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada petugas register kalurahan atas kerjasama dan sinergitasnya dalam memberikan  layanan adminduk bagi masyarakat  di kalurahan. Tuntutan masyarakat terhadap perbaikan  layanan sesuai perkembangan teknologi  tidak bisa di abaikan. “Saat ini  layanan tatap muka  masih diminati  mungkin pada saat nya nanti layanan secara online akan menjadi pilihan yang dianggap paling efektif dan efisien. SDM dan sarana prasarana  yang menunjang peningkatan pelayanan perlu ditingkatkan", katanya.

 

Dokumen kependudukan adalah hak setiap penduduk. Namun untuk mendapatkan hak identitas kependukan, penduduk  perlu melaporkan setiap peristiwa kependudukan dan pencatatan sipil yang dialaminya. Untuk itu diharapkan RT dan Dukuh melalui Kalurahan dapat  berperan aktif  meningkatkan layanan kepada  masyarakat”, imbuhnya.

 

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Anjarwati dalam pemaparannya menyampaikan layanan adminduk yang terintegrasi  dikalurahan   yaitu layanan kelahiran, kematian  melalui aplikasi SIAK. “Untuk layanan yang belum bisa diakses melalui SIAK, Petugas Kalurahan dapat melayani  warga Masyarakat menggunakan layanan Aplikasi Dukcapil Smart Bantul dengan 9 menu fitur layanan. Dengan demikian cukup di kalurahan saja masyarakat sudah terlayani dokumen kependudukannya.”, jelasnya.

 

Selanjutnya Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Darwatiningsih menambahkan untuk layanan Adminduk yang berpotensi masalah dan ada kendala maka masih dilayani dikantor Disdukcapil Bantul.