Disdukcapil Bantul Bekali Ketua RT Trimulyo Pengetahuan Adminduk: Wujudkan Pelayanan Mudah dan Cepat

Minggu (23/06/2024), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul menjadi narasumber kegiatan Pembinaan Ketua RT yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Trimulyo. Acara yang diselenggarakan pukul 20.00 WIB di Aula Kalurahan Trimulyo Kapanewon Jetis ini dihadiri oleh Ketua-ketua RT beserta jajaran perangkat desa.

 

Paulus Eko Ananto, sebagai perwakilan dari Disdukcapil Bantul yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan materi terkait dengan berbagai aspek penting administrasi kependudukan (Adminduk), mulai dari fungsi Identitas Kependudukan Digital (IKD), aktivasi IKD, prosedur permohonan jemput bola IKD, hingga pentingnya pembaharuan elemen data Kartu Keluarga dan KTP elektronik.

 

Dalam pemaparannya, Ananto menekankan peran strategis para Ketua RT sebagai garda terdepan dalam menjembatani kebutuhan masyarakat terkait Adminduk. "Ketua RT harus memahami dengan baik berbagai layanan Adminduk yang tersedia, sehingga dapat membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dengan mudah dan cepat," jelasnya.

 

Lebih lanjut, poin penting yang disampaikan Ananto adalah terkait dengan aktivasi IKD. IKD merupakan aplikasi smart phone yang memuat informasi kependudukan setiap individu, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengurus layanan publik, perbankan, dan sebagainya.

 

"Saat ini, aktivasi IKD masih tergolong rendah. Oleh karena itu, saya harap para Ketua RT dapat membantu menyosialisasikan dan mendorong masyarakat untuk mengaktifkan IKD," imbuhnya.

 

Dengan adanya kegiatan Pembinaan Ketua RT ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Ketua RT terkait Adminduk, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen Disdukcapil Bantul untuk mewujudkan pelayanan Adminduk yang mudah, cepat, dan gratis. (ocd)