Disdukcapil Luwu Timur Replikasi Inovasi Pelayanan ke Bantul

Kamis (17/10/2024), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul menerima kunjungan kerja dari Disdukcapil Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Disdukcapil Luwu Timur tiba di Bantul dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Sukmawati Syam. Rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Bantul Kwintarto Heru Prabowo beserta jajarannya di ruang rapat lantai 1.

 

Kunjungan yang berlangsung pagi hingga siang ini bertujuan untuk melakukan replikasi inovasi pelayanan yang telah diterapkan di Disdukcapil Bantul. Salah satu inovasi yang menjadi sorotan adalah layanan online Dukcapil Smart Bantul,Leontin Mas (Legalisir Online Mudah Akurat Simpel), KAPERU yaitu pemberian KK dan KTP baru bagi pasangan pengantin baru yang menikah di KUA serta inovasi M-KIA. 

 

Emmy Nikmawati, Kabid PIAK Disdukcapil Bantul memaparkan secara detail mengenai implementasi dan manfaat dari inovasi layanan online Dukcapil smart Bantul. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan secara detail mengenai konsep, mekanisme, dan manfaat dari inovasi tersebut. “Kami berharap inovasi-inovasi yang telah kami kembangkan dapat menginspirasi Disdukcapil Luwu Timur untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan efisien kepada masyarakat,” ujar Emmy.

 

Setelah penyampaian paparan dan bertukar informasi terkait dengan hal-hal apa saja yang telah dilakukan dalam inovasi serta melihat langsung pelayanan kepada warga. Rombongan tampak antusias memperhatikan setiap pelayanan yang diberikan oleh petugas kepada Masyarakat. Sukmawati Syam mengaku sangat tertarik dengan inovasi-inovasi yang telah dipresentasikan. Beliau ingin segera mereplikasi inovasi yang nantinya dapat ditiru dan modifikasi 

 

Kunjungan kerja ini merupakan bentuk sinergi antar lembaga dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, diharapkan kedua belah pihak dapat terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (ocd)