Generasi Bantul Milenial Menjadi Agen Update Data Kependudukan

Ormas Pemuda dan Unsur Karang Taruna se Kabupaten Bantul mengikuti kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (10/8) di Warung Kita & Kopi jalan Lingkar Timur Manding Trirenggo Bantul. Dalam kegiatan  tersebut disampaikan materi tentang pemutakhiran data kependudukan atau update data kependudukan oleh narasumber utama yaitu Kepala BIdang PIAK (Emmy NIkmawati).

Kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho). Dalam sambutannya Bambang menyampaikan bahwa ada kebijakan nasional tentang update data. “Bagaimana agar penduduk selalu mengupdate data, data yang ada itu tidak bersifat tetap pasti akan berubah sehingga dibutuhkan update elemen data kependudukan,” papar beliau.

Kabid PIAK menyampaikan bahwa pemutakhiran data mutlak diperlukan agar data kependudukan dapat mutakhir sehingga data kependudukan ketika digunakan oleh Lembaga pengguna adalah data yang terbaru/update. 

“Salah satu gerakan dalam GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) adalah Sadar akan pentingnya pemutakhiran data kependudukan, sehingga untuk semua ormas dan Karang Taruna diharapkan dapat menjadi agen Adminduk bagi masyarakat di sekitarnya,” terang Emmy.

Lebih lanjut Kabid PIAK menyampaikan bahwa di era milenial ini dibutuhkan gererasi muda yang paham tentang IT, kami Dinas Dukcapil membutuhkan teman-teman muda yang bisa memberikan kontribusi dengan menjadi agen Adminduk khususunya dalam pelayanan update data kependudukan.

“Teman-teman dari Ormas dan Karang Taruna kita  kontribusinya dalam memberikan penjelasan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat sekitarnya agar nantinya pesan-persan dari layanan Adminduk dapat tersampaikan, akan kita bentuk grup Bantul Adminduk Milenial yang nantinya akan berbagi informasi tentang update layanan Adminduk sehingga kaum gerenasi muda Bantul dapat menyampaikan permasalahan yang terjadi di sekitarnya,” pungkas beliau. (ririe)