Jemput Bola IKD di KUA Kapanewon Bantul

Selasa (02/04/2024) Dinas Kependuduan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul melaksanakan layanan jemput bola aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Bantul. Jemput bola aktivasi IKD ini dilaksanakan bersama dengan bimbingan calon pengantin (catin) di KUA Bantul. 

 

Anjarwati, Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan dalam kesempatan ini menyampaikan informasi terkait IKD yang praktis, aman dan selalu uptodate data kependudukannya. Selain IKD juga disampaikan inovasi Kaperu, yaitu layanan penerbitan KTP dan KK baru untuk pengantin baru. “Untuk mempercepat pemrosesan Kaperu para catin diharapkan telah mempersiapkan permohonan dan persyaratan terkait  perubahan elemen data kependudukan melalui petugas KUA.”, pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala KUA Bantul Samanto menyambut baik kerjasama aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi calon pengantin yang sudah berjalan sejak tahun 2023 dengan Dinas Dukcapil. “Dengan kerjasama ini calon pengantin tidak perlu datang ke kantor Dinas Dukcapil untuk kepengurusan dokumen adminduk?”, imbuhnya.

 

Dalam acara ini telah dilakukan aktivasi IKD sejumlah 34 orang. Dengan layanan teintegrasi dengan KUA, catin dimudahkan dalam pengurusan dokumen adminduk. Mereka tidak perlu datang ke Dukkcapil sehinga terwujud layanan yang mudah, cepat  dan gratis.