Kemudahan Aktivasi Identitas Kependudukan Hadir di Kalurahan Mulyodadi

Kamis (30/05/2024) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Mulyodadi menghadirkan layanan jemput bola aktivasi Identitas Kependudukan (IKD) bagi warga Mulyodadi, Kecamatan (Kapanewon) Bambanglipuro. Layanan ini terlaksana selama empat hari, dimulai pada Senin, 27 Mei 2024, hingga Kamis, 30 Mei 2024.

 

Warga masyarakat di Kalurahan Muiyodadi mendapatkan layanan mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB setiap harinya yang dilakukan oleh petugas Dinas Dukcapil Bantul secara terjadwal. Hari pertama, untuk Pedukuhan Mejing, Wonodoro, dan Paker. Hari kedua, untuk Pedukuhan Kraton, Destan, dan Bregan, Hari ketiga, untuk Pedukuhan Cangkring, Plumutan, Jomblang, dan Tulasan. Sedangkan hari keempat, untuk Pedukuhan Warungpring, Carikan, Kepuh, dan Ngambah. Dengan adanya layanan jemput bola ini, warga tidak perlu mendatangi kantor Dinas Kependudukan, karena petugas siap melayani di pendopo kalurahan Mulyodadi.

 

Menurut Kepala Bidang PIAK Emmy Nikmawati, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki identitas kependudukan digital. "Kami ingin memastikan bahwa semua warga bisa memperoleh edukasi terhadap inovasi layanan kependudukan (IKD). Dengan program jemput bola ini, kami berharap bisa melayani aktivasi IKD lebih banyak warga dalam waktu yang lebih singkat," ujarnya.

 

Salah satu warga Mulyodadi menyambut baik inisiatif pelayanan ini. “Layanan ini sangat membantu kami yang sibuk bekerja dan tidak sempat datang ke Dinas Dukcapil. Dengan adanya petugas yang datang ke Kantor Kalurahan, prosesnya jadi lebih mudah dan cepat,” kata Bapak Arif Yulianto, salah satu warga setempat.

 

Dengan layanan jemput bola aktivasi IKD ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul berupaya menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan publik dan mendekatkan diri kepada masyarakat. (ocd)