Kepala Dinas Dukcapil Bantul Menjadi Pembina Upacara di SMAN 1 Sewon

Senin (07/08/2023) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bantul, Bambang Purwadi Nugrono menjadi pembina upacara di SMA N 1 Sewon. Pada pelaksanaan kegiatan upacara di SMA Negeri 1 Sewon, Kepala Dinas didampingi oleh Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Sutinah dan Kepala Bidang PIAK Emmy Nikmawati. Upacara ini merupakan rangkaian dari Dukcapil Goes to School yang sudah dimulai pekan lalu dengan pembacaan ikrar yang diikuti Kepala Dinas beserta seluruh elemen Sekolah. 

 

Dalam amanatnya, Kepala Dinas menyampaikan bahwa Siswa SMA/ SMK merupakan salah satu penggerak di lingkungan masyarakat dalam akurasi data kependudukan. Data kependudukan yang akurat sangat penting karena berimplikasi pada pelayanan publik dan pembangunan di berbagai sektor.

 

Seperti yang kita tahu, saat ini masih terdapat masyarakat yang menganggap belum pentingnya pemutakhiran data kependudukan. Sebagian dari mereka masih enggan untuk  update/ melaporkan perubahan data yang dialaminya. Padahal kini layanan Dukcapil sudah semakin mudah karena sudah menjangkau hingga ke desa-desa. “Saat ini layanan adminduk sudah bisa dinikmati hingga ke desa-desa, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil” ungkapnya.(ocd)