Kolaborasi Talk Show dan DMM ROLASAN OKE di Radio Persatuan Bantul

Disiarkan secara langsung melalui link zoom meeting  dan Radio Persatuan FM Bantul (10/8) acara DMM ROLASAN OKE (Ngobrol Asyik Adminduk yang Obyektif Komprehensif dan Efektif) telah terselenggara dengan baik dan lancar dengan tema Pelayanan Akta Kelahiran Terintegrasi di Fasilitas Kesehatan. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul (Bambang Purwadi Nugroho) menjadi narasumber utama dalam kegiatan tersebut, host dari Dukcapil (Yoice Bunga) dan penyiar Radio Persatuan (Venty).

Dalam prolognya Kadis Dukcapil (Bambang Purwadi Nugroho) menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Terintegrasi di Fasilitas Kesehatan adalah 1. Mewujudkan amanat UU tentang pemenuhan hak sipil anak 2. Mendorong terwujudnya Kabupaten Layak Anak dan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan dengan   setiap anak Bantul memiliki akta kelahiran dan KIA 3. Menyederhanakan prosedur pelayanan pencatatan kelahiran menjadi mudah, cepat dan manfaat sekali pengurusan mendapat Akta kelahiran, KK dan KIA 4. Tertib Administrasi Kependudukan.

“ Alur pelayanan meliputi pemohon datang menyerahkan berkas permohonan/ persyaratan kepada Petugas RS/PMB yang kemudian  petugas mengajukan Permohonan Penerbitan Akta Kelahiran pada Petugas Dukcapil, setelah diinput di SIAK maka petugas Dukcapilakan  memproses dan mencetak Akta Kelahiran, KK, KIA. Selanjutnya petugas RS/PMB mMenyerahkan Kutipan Akta Kelahiran, KK dan KIA kepada pemohon. “ terang Bambang.

Acara Talkshow dan Rolasan OKE dilanjutkan bincang-bincang dan tanya jawab yang dipandu oleh host. Mengakhiri kegiatan tersebut diumumkan nama-nama partisipan yang beruntung mendapatkan doorprize menarik dari Mitra Dukcapil. (ririe)