Kunjungan Observasi KPK RI Ke Dinas Dukcapil Bantul

Selasa(26/03/2024) Dinas Kependuduan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul mendapatkan kunjungan observasi percontohan Kabupaten 
Anti korupsi oleh Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI. Sebelum acara observasi lapangan kepada 5 OPD yang  ditunjuk  yaitu  BKPSDM. DISKOMINFO, Inspektorat DPTMPTSP.Disdukcapil, Rombongan diterima oleh Bupati Bantul dan jajaran serta FORKOMPINDA di gedung Lt 3 Parasamya.

 

PLH Direktur Pembinaan Peran serta masyarakat KPK Rino Haruno menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan observasi adalah dilatarbelakangi keprihatinan banyaknya kasus yang ditangani KPK terkait adanya  KKN yang dilakukan oleh Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah serta Kepala OPD. 

"Melalui strategi pendidikan dan pencegahan tahun 2024 ini  ditargetkan 2 Kabupaten dan 2 kota sebagai percontohan kabupaten/ kota antikorupsi yang diharapkan dapat mencegah tindakan Korupsi di daerah:, ujar nya.

 

Kunjungan obsevasi di Disdukcapil dipimpin oleh Sekda kab Bantul bersama rombongan dari KPK diterima Kepala Disdukcapil Bantul beserta jajaran. Kwintarto Heru Prabowo, Kepala Dinas Dukcapil Bantul menyampaikan bahwa tahun 2020 disdukcapil Bantul telah mendapatkan penghargaan WBBM dari KemenpanRB. Saat ini layanan adminduk sudah digital dapat secara online yang  mudah. Cepat.transparan , gratis / tidak dipungut beaya dan bebas dari Calo paparnya.

Dilanjutkan rombongan KPK memotret implementasi kegiatan layanan adminduk sebagai wilayah  bebas bersih melayani. (ajr)