Ngestiharjo Menjadi Kalurahan yang Proaktif Mensukseskan Program IKD Goes to Desa

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul terus berupaya menggenjot aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dengan jemput bola ke Pedukuhan. Jemput bola IKD ini diawali dari Kalurahan Ngestiharjo Kasihan yang dilaksanakan selama dua minggu pada hari Sabtu-Minggu yaitu 27,28 April dan 4,5 Mei 2024.
 

Kepala Bidang PIAK, Emmy Nikmawati mengungkapkan pada hari Sabtu-Minggu, 27-28 April 2024 Tim Jemput Bola Aktivasi IKD Disdukcapil Bantul berhasil melakukan aktivasi sejumlah 1029 warga di Dusun Soragan, Janten, Cungkuk dan Sonosewu. Sedangkan hari Sabtu-Minggu, 4-5 Mei 2024 sejumlah 870 warga Dusun Onggobayan, Sumberan, Tambak dan Sidorejo Ngestiharjo berhasil melakukan aktivasi. 
"Walhasil selama empat hari, Tim Jemput Bola Dukcapil berhasil melayani sebanyak 1.899 warga Kalurahan Ngestiharjo untuk aktivasi IKD," pungkas Emmy.

 

IKD (Identitas Kependudukan Digital) adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan. IKD merupakan terobosan di tengah era digitalisasi. Dengan aktivasi layanan ini, warga tidak perlu membawa KTP fisik untuk menjangkau pelayanan publik. (ocd)