Permudah Validasi NIK, Disdukcapil Bantul Hadir di Posko PPDB Disdikpora

Rabu, 7 Juni 2023 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul membuka layanan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga terkait pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul. Warga Bantul yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa datang langsung di Posko PPDB yang berada di depan kantor Disdikpora Kabupaten Bantul.

 

Sekretaris Disdikpora, Titik Sunarti Widyaningsih menyampaikan bahwa posko PPDB ini dibuka untuk melayani warga guna mendapatkan informasi terkait PPDB. 

 

“Walaupun sudah menyampaikan melalui media sosial dan sosialisasi tapi tetap kami sediakan posko bagi masyarakat yang belum tercerahkan dan belum tahu”, imbuhnya.

 

Sementara itu Kepala Bidang PIAK Emmy Nikmawati mengatakan, petugas Dukcapil hadir untuk memberikan kemudahan berupa referensi bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang NIK-nya tidak terdaftar di Dukcapil. 

 

"Saat pendaftaran PPDB itu ada warga yang NIK-nya tidak terdaftar di Dukcapil, dikarenakan belum satu tahun menjadi penduduk Kabupaten Bantul. Sehingga dengan adanya layanan ini warga tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil”, ujarnya.

 

Petugas Disdukcapil hadir di posko PPDB sesuai jadwal yang telah disusun oleh Disdikpora. Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan tidak perlu datang ke Disdukcapil. Referensi yang diberikan dari petugas Disdukcapil berupa keterangan yang dapat dijadikan acuan pihak operator dari Dinas Pendidikan. 

 

Gumilang Adi Nugroho, Guru Wali Kelas SD Negeri 3 Panggang yang ditemui di lokasi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Disdukcapil. 

 

“Kami mendapatkan penjelasan langsung seperti ini lebih paham. Nantinya saya sendiri lebih mudah menyampaikan ke orangtua murid saat pelaksanaan PPDB”, ungkapnya. (ocd)