Rapat Koordinasi Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Dalam rangka meningkatkan layanan adminduk  melalui inovasi yang bekerjasama dengan stakeholder. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul  menyelenggarakan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan inovasi pelayanan. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, 07 Maret 2024 pukul 10.00 WIB di Aula Pari pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul.

 

Peserta rapat koordinasi dihadiri Dinas Kesehatan, Dinas Sosial,  BKSDM,  UPT Jamkesda, Puskesmas se Kabupaten Bantul. Kemudian dari perwakilan sekolah  dari  Sekolah SMAN 3 Bantul,  Sekolah SMAN 1 Bantul, Sekolah SMAN 1 Sewon, Sekolah SMAN 2 Bantul, Sekolah SMKN 1 Bantul, Sekolah SMKN 1 Sewon, Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Bantul, Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Bantul dan Sekolah SMK Kesehatan.

 

Kepala Dinas Dukcapil Bantul Kwintarto Heru Prabowo dalam acara tersebut menyampaikan kepada peserta agar informasi dari Dinas Dukcapil dapat sampai kepada Masyarakat. Terutama dalam hal pemenuhan hak dan kewajiban terkait administrasi kependudukan.


“Sinergi antara Pemerintah dengan masyarakat inilah yang akan mempercepat pelayanan sebagai kuwajiban kami untuk memenuhan hak masyarakat memdapatkan dokomen kependudukan,” katanya.

 

Kepala Bidang Pemanfaatan Data  dan Inovasi Pelayanan Anjarwati menyampaikan inovasi pelayanan dan capaian beberapa inovasi Dukcapil Bantul. Inovasi tersebut adalah Si Kebap ( Sistem Pelayanan KTP Bagi Aparatur Purna ), Pagoda Pasti Joos ( Sistem Pelayanan Penerbitan KTP Dilengkapi Dengan Gol Darah Yang Jelas Obyektif Sangat Sederhana), Jebol Asik ( Jemput Bola Adminduk Siswa di Sekolah ), Gardu Panti ( Gerakan Terpadu Pelayanan Adminduk di Panti ).

 

Setelah penyampaian paparan dan capaian dilanjutkan dengan diskusi. Para peserta tampak sangat antusias mengikuti sesi diskusi ini. Berbagai persoalan yang mereka alami disampaikan kepada Dukcapil untuk selanjutnya mendapatkan solusi dan kedepan ada p perbaikan sehingga inovasi layanan adminduk bekerjasama dengan mitra ini dapat optimal pelaksanaanya. (ocd)