Resertifikasi ISO Sistem Manajemen Terintegrasi 2022 Dukcapil Bantul

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul kembali bisa mempertahankan ISO Manajemen Mutu 9001:2015 dan ISO Keamanan Informasi 27001:2013 pada tahun 2022 ini. Evaluasi ISO ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 21 Juni 2022 sampai 22 Juni 2022 yang dibuka dengan Open Meeting yang dihadiri langung oleh Wakil Bupati Bantul (Joko Purnomo, S.E.)

Dalam Open Meeting yang dilaksanakan pada Selasa (21/6/2022) Wakil Bupati Bantul menyampaikan bahwa mensikapi ISO bukan hanya sekedar evaluasi  tapi mengandung nilai yang sangat tinggi, ini adalah  ilmu yang diterima karena ada hal perlu dilengkapi ,ditambah , dan dirubah. “ Dan ini menjadi memberi semangat kepada kita dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bantul yang lebih baik lagi .” Terang beliau.

“Adminduk harus mendapat dukungan dan dukungan dorongan dan support karena disitulah pintu dan jendela bagi penduduk untuk menilai pemerintah kabupaten ketika layanan Adminduk tidak diberikan dengan baik, “ jelas beliau.

Tim Auditor dari Lembaga sertifikasi AQC yang menjadi Lead Auditor (Ir. Yuwono Puguh Santoso) dalam penilaian  Evaluasi resertifikasi ISO Sistem Manajemen Terintegrasi ini  menyampaikan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk mengukur kembali layanan yang sudah diterapkan apakah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Kegiatan Evaluasi ini ditutup dengan Close Meeting yang dilaksanakan pada Rabu (22/6/2022) dengan pemaparan hasil audit oleh auditor. Tim Auditor yang mendampingi Lead Auditor adalah Dwiyani Hadiyati, S.Sos.

Dalam Kegiatan Close Meeting disampaikan oleh Auditor bahwa ada beberapa catatan yang menjadi rekomendasi bagi Disdukcapil untuk bisa lebih memperbaiki diri. “ Bukan masalah layanan eksternal tetapi lebih kepada internal, yaitu rasio antara jumlah pegawai dengan fasilitas tersedia. Semoga dengan hasil audit ini bisa membuat Dinas Kependudukan lebih baik, hasil ini berupa saran bukan temuan minor” tambah Puguh Yowono.

Menurut Puguh Dinas Dukcapil Bantul layak mendapatkan resertifikati ISO ISO Manajemen Mutu 9001:2015 dan ISO Keamanan Informasi 27001:2013. (ririe)