Sosialisasi dan Koordinasi Inovasi Pagoda di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul

Rabu (09/08/2023) bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul menyelenggrakan acara sosialisasi dan koordinasi Inovasi Pagoda. Acara ini dihadiri oleh Puskesmas dan Kepela Jawatan Pelayanan Umum Kapanewon se Kabupaten Bantul.

 

Pagoda adalah Perekaman KTPel, update data di KK dan KTPel plus tes golongan darah, kerjasama disdukcapil Bantul dengan Puskesmas se Kabupaten Bantul. Tujuan dari Inovasi Pagoda salah satunya adalah optimalisasi pelaksanaan pemeriksaan/tes golongan darah di Puskesmas untuk perekaman KTP el atau perubahan data di KK/ KTP el.

 

Bambang Purwadi Nugrono, Kepala Dinas Dukcapil Bantul dalam sambutannya menyampaikan bahwa inovasi pagoda menjadi sangat penting untuk penyediaan layanan publik. “Inovasi Pagoda menjadi isu yang penting karena 70% data / dokumen kependudukan tidak melampirkan golongan darah. Oleh karena itu, kita bekerja dengan inovasi dan kolaborasi dengan instansi terkait sehingga dapat membantu masyarakat untuk update data kependudukan. Alhasil data menjadi valid sehingga lebih bermanfaat apabila digunakan kembali untuk layanan publik”, katanya.

 

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Sutinah, mengungkapkan bahwa Pagoda merupakan inovasi yang sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Di Kabupaten Bantul masih sering dijumpai Kartu Keluarga yang kosong golongan darahnya. Untuk itu kami sering menghimbau kepada masyarakat Bantul untuk update golongan darah.  “Masyarakat yang akan melakukan cek golongan darah untuk update data bisa datang ke Puskesmas membawa foto copy kartu keluarga”, imbuhnya.

 

Dalam acara ini juga dilakukan pemberian kenang-kenangan bagi peringkat 3 besar pelaksana inovasi Pagoda tahun 2022, dari kapanewon Banguntapan, Sewon dan Dlingo. (ocd)