Tancap Gas Kolaborasi Rekam KTP el dan Aktivasi IKD di Sekolah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul mulai Selasa (28/3) memulai kegiatan jemput bola perekaman KTP el di SMK N 1 Pajangan dan SMA N 1 Pajangan  sekaligus aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Menurut Sutinah Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran penduduk Disdukcapil Bantul kegiatan perekaman ini dilaksanakan dalam upaya mengejar target perekaman KTP el bagi pemula.

“Kami sudah menjadwalkan kegiatan jemput bola ke sekolah-sekolah sehingga saak-anak Bantul yang sudah berusia 16 tahun kami harapkan bisa direkam biometriknya sehingga pada saatnya nanti berusia 17 tahun tinggal mengajukan cetak KTP el,” jelas Sutinah.

Dalam kesempatan yang sama  Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa kegiatan perekaman KTP el di sekolah ini dilaksanakan bersamaan dengan  aktivasi IKD bagi guru dan anak yang sudah perekaman KTP el dan berusia 17 tahun bisa memiliki KTP el secara digital.

“Menindaklanjuti hasil Rakornas Dukcapil di Manado (8-10 Februari 2023) maka pelaksanakan percepatan program Identitas Kependudukan Digital (IKD) secara nasional akan terus secara intensif kita tingkatkan. Salah satunya dengan aktivasi IKD di sekolah-sekolah dan setelah anak-anak perekaman KTP dilanjutkan dengan aktivasi IKD bagi yang sudah berusia 17 tahun,” jelas Bambang. 

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 71 guru dan anak berhasil mengaktivasi IKD.(ririe)