Warga di Perumahan Puri Koperasi Asri, Trimulyo, Jetis, Bantul Menikmati Layanan Jemput Bola Aktivasi IKD

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul melaksanakan layanan jemput bola aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Perumahan Puri Koperasi Asri, Trimulyo, Jetis Bantul. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Ju’mat, 9 Juni 2023 ini ditujukan bagi penduduk Perumahan Puri Koperasi Asri dan sekitarnya. Warga Perumahan Puri Koperasi sangat menantikan kehadiran Disdukcapil untuk aktivasi IKD ini. Dikarenakan sebagian besar warga didominasi ibu rumah tangga yang tidak mudah meninggalkan pekerjaan dirumah.

Agustinus Bagus, salah seorang pensiunan yang menjadi warga merasa sangat terbantu dengan adanya layanan jemput bola ini. 

“Hadirnya petugas dari Disdukcapil Bantul disini sangat membantu, kami dibantu aktivasi dari install sampai aplikasi IKD dapat diakses seluruhnya. Selain itu, Petugas juga menjelaskan fungsi dari aplikasi IKD ini”, ujarnya.

Kepala Dinas Dukcapil Bantul ikut hadir untuk melihat antusias dari warga akan IKD ini. Beliau mempersilakan seluruh warga Bantul dapat mengajukan permohonan ke Disdukcapil untuk dilakukan  jemput bola aktivasi IKD. 

“Pak RT, Pak Dukuh dan seluruh jajaran bisa bermohon ke Disdukcapil, kami akan hadir lebih dekat dengan masyarakat membantu aktivasi IKD dengan jemput bola”, ujar Kepala Disdukcapil Bantul.

Semakin dikenalnya IKD di masyarakat membantu Disdukcapil agar lebih mudah menjangkau tercapainya jumlah cakupan IKD di Kabupaten Bantul. IKD ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pelayanan. 

"Dengan melakukan aktivasi IKD, kedepannya warga tidak perlu lagi menenteng fisik KTP atau fotocopi KTP cukup dengan scan kode batang (barcode) dalam melakukan pelayanan publik", imbuhnya.